Skip to main content

Tugas Review Tekhnik Wawancara (Bag.Klinis)



Febriani Sifa Amalia
705100095
Kelas C
Tugas Tekhnik Wawancara
Review Presentasi Wawancara Psikolog Klinis
     Pada tugas kali ini, wawancara terhadap piskolog klinis dewasa dan anak, masing-masing dilakukan oleh dua kelompok. saya mulai dengan review kelompok pertama:

Kelompok Psikolog Klinis Dewasa

Kelompok klinis dewasa yang pertama:
     Subjek menjelaskan mengenai pentingnya pemahaman kita mengenai wawancara. Karena  wawancara merupakan alat atau modal utama bagi para lulusan sarjana psikologi yang benar-benar harus dikuasai. Kemudian untuk melengkapi kemampuan dasarnya, untuk lebih mengenal kliennya seorang psikolog memerlukan wawancara dan observasi, serta alat tes sebagai tambahannya untuk memperkuat asumsi. Subjek menggunakan tekhnik wawancara karena tidak butuh tes yang banyak dan rumit, serta hanya perlu menguasai tekhnik wawancara yang baik. Prosedur pada saat wawancara dilakukan oleh subjek tidak terstruktur, tidak menggunakan panduan wawancara, memberikan pertanyaan berkembang dari jawaban-jawaban klien, dan tidak menggunakan alat perekam. Kendala yang dihadapi subjek pada saat praktek, biasanya klien tidak menepati janji atau tidak hadir tepat waktu, dan karena tidak menggunakan alat perekam, subjek terkadang lupa. Wawancara yang baik menurut subjek yaitu diperlukan latihan terus menerus dikarenakan membutuhkan jam terbang yang tinggi untuk menjadi seorang pe-wawancara yang baik, lalu pewawancara yang baik juga focus terhadap klien dan aware.
     Pada subjek kali ini, terlihat agak berbeda dan memiliki caranya tersendiri dalam proses wawancara klien. Subjek terlihat menggunakan cara yang lebih santai dan kurang formal. Menurut saya tipe prosedur wawancara seperti ini tidak bagus untuk dilakukan oleh seorang psikolog muda yang baru saja lulus, karena mereka belum memiliki jam terbang yang tinggi dan belum betul-betul menguasai berbagai hal. Namun sebaiknya, untuk para psikolog gunakanlah tata cara atau metode yang memang sudah ada sebelumnya untuk hasil yang lebih baik.    

Kelompok klinis dewasa yang kedua:
     Subjek menjelaskan mengenai wawancara yang merupakan sebuah kegiatan yang melibatkan suatu proses tanya jawab yang tidak terbatas dan memiliki tujuan yang berbeda-beda misalnya untuk pekerjaan, ataupun mencari data dalam psikologi klinis. Wawancara dapat dilakukan empat mata, ataupun wawancara oleh satu orang terhadap orang banyak. Menurut subjek, tujuan dalam penggunaan teknik wawancara adalah untuk mengetahui suatu permasalahan kemudian membuahkan hasil atau solusi/penyelesaian dari permasalahan yang dihadapi. Menurut subjek, wawancara sangat penting sekali untuk menggali informasi dari dalam diri seseorang, karena alat ukur yang utama itu menurut subjek adalah  wawancara tentunya diiringi dengan observasi.
     Prosedur pada saat pelaksanaan wawancara menurut subjek yaitu, menyiapkan daftar pertanyaannya (pedoman wawancara) kecuali seseorang yang sudah berpengalaman biasanya tidak membuat daftar pertanyaan. Kemudian pewawancara harus mengetahui dasar ilmu yang akan ditanyakan. Dalam wawancara juga harus menggunakan 3 indera sekaligus dengan baik untuk menangkap informasi yang ada yaitu menggunakan mata, telinga dan tangan. Menurut subjek, kelebihan dari teknik wawancara dibandingkan dengan teknik lain yaitu dapat menggali informasi yang lebih dalam mengenai klien ataupun masalah yang sedang dihadapi klien. Namun kekurangan teknik wawancara yaitu ada beberapa aspek yang tidak muncul ketika digali ketika wawancara karena ingin memberikan kesan baik atau yang lainnya.

 Kelompok Psikolog Klinis Anak

Kelompok klinis anak yang pertama:
     Subjek menjelaskan mengenai wawancara yang memiliki arti teknik yang dipakai untuk menggali informasi dari subyek atau dari orang yang ingin diketahui. Teknik wawancara digunakan oleh subjek di setiap jenis pekerjaan yang dilakukannya, khusunya yang berkaitan dengan profesinya sebagai psikolog klinis. Kelebihan dari teknik wawancara adalah prosesnya mendapatkan data lebih cepat dibandingkan dengan teknik lain, kemudian informasi yang diinginkan langsung didapatkan saat itu juga. Sementara kekurangan dari tekhnik wawancara biasanya terjadi kesulitan yang berasal dari subyek yang agak menutup diri dan kurang kooperatif pada saat wawancara.

Kelompok klinis anak yang kedua:
     Subjek menjelaskan mengenai wawancara yaitu suatu tekhnik untuk menggali informasi mengenai seseorang. Prosedur tekhnik wawancara yang dilakukan subjek dijelaskan pertama-tama melalui screening dengan orangtua terlebih dahulu, membina rapport, lalu baru mewawancarai sang anak. Kelebihan dalam tekhnik wawancara menurut subjek, dapat dengan mudah mendapatkan informasi, namun kekurangannya adalah dari informasi tersebut belum tentu semuanya benar dan akurat. Saran dari subjek terhadap kita para calon psikolog yaitu banyak latihan/belajar wawancara terus mengasah kemampuan, harus percaya diri, dan yang terpenting harus memiliki panduan pertanyaan wawancara.

Comments

Popular posts from this blog

My Impression for Some of Interview Experiences

     Dalam satu bulan belakang ini, saya dan teman-teman lain yang mengambil kelas Teknik Wawancara disibukkan dengan praktek wawancara di lab dengan tiga setting yang berbeda yaitu PIO, pendidikan, dan klinis. Kemudian juga kami diberikan tugas akhir untuk wawancara di panti yang telah ditentukan, dan saya beserta kelompok mendapatkan bagian wawancara ke panti RPLU, Jelambar. Pada saat pertama kali saya praktek wawancara di lab dengan setting PIO, saya merasa sangat gugup. Mungkin karena pertama kali praktek, jadi saya belum pernah merasakan dan rasa guguplah yang dominan timbul pada diri saya. Pada saat praktek setting PIO, saya merasa gugup, kurang lancar, dan kurang luwes pada saat pelaksanaannya. Saya takut bahwa waktu yang diberikan terasa lama dan pertanyaan yang saya tanyakan akan habis sebelum waktunya. Namun ternyata anggapan saya salah, justru pada saat di dalam lab dan proses wawancara berlangsung terasa cepat dan menyisakan banyak pertanyaan yang belum saya tanyakan. Dala

MU menang? tetep arsenal yang menang dimata akuuu

yaampuuuun sumpah ya subuh ini sepulang aku darijalan tuh tadi jam 11an tuh yaa untung aku ga telat nonton ARSENAL vs MU. awal awalnya sih biasa ajaaaaa aku seneng banget malahan dan optimis seperti biasa arsenal bakalan menang walaupun selisihnya ga jauh. dan gol pertama emang di menit2 terakhir sebelom turun minum arshavin ngegolin ke gawang mu yang kebetulan lagi dijaga sama ben foster beeeeh seneng bangeeet akuuu love you deh arshavin. terus yaaa udah tuuuh keanya si mu ngerubah strategi deh tuuuh walaupun ga jauh beda dan tetep jagoan arsenal kemaren yaaa. hmm wasitnya gilaaa parah bangeeet lebay tau ga ih! pemain mu jatoh dikit pemain arsenal dibilang pelanggaraaaaan ckck sumpah ada beberapa kali yang lebay gitu deh pake kartu kuning ckck. oh iyaaa abis itu di second half ih almunia ga sengaja gitu nyelengkat kakinya rooney pake tangan eeeh malahan blg jatohin rooney di kotak penalti dan alhasil si mu dapet deeeh penalti hm. akhirnya eksekusi penalti kan yaa trus rooney nembak da