Hello everybody! Dari pelajaran yang saya dapatkan di kelas, saya akan sharing disini. Kali ini saya akan berbagi
ilmu mengenai beberapa hal dasar yang perlu untuk kita kuasai dalam wawancara.
Sebenarnya wawancara itu simpel jika kita telah benar-benar menguasai hal dasar
ini yang memang sangat penting untuk dimiliki agar menjadi seorang interviewer yang baik, namun semua itu
juga perlu didukung oleh latihan terus menerus dalam peng-aplikasian wawancara
tersebut.
Agar menjadi pewawancara yang baik dan dapat menggali informasi dengan
baik, kita memerlukan beberapa kunci utama, yaitu:
1.
Kemampuan
membina rapport
Kita harus mampu
memberikan lingkungan yang hangat, nyaman, untuk mendorong klien agar dapat
berbicara dengan bebas dan jujur tentang topik yang sesuai dengan wawancara.
2.
Empati
Untuk menghadirkan empati,
kita harus tetap fokus pada klien anda setiap saat. Respon Empati memungkinkan
klien Anda untuk mengetahui bahwa Anda menerima, memahami, dan dapat membantu
mereka dalam menyelesaikan masalahnya.
3.
Attending
behavior
Kunci dari attending
behavior adalah memberikan kesempatan pada klien untuk berbicara, dan menceritakan
tentang diri mereka, dengan mengurangi kesempatan kita untuk berbicara lebih
banyak. Karena kita tidak dapat menggali informasi jika kita terus berbicara
dan hanya sedikit memberikan kesempatan terhadap klien.
4.
Teknik
bertanya
Teknik bertanya dalam
wawancara ada dua macam, yaitu:
-
Open
Question
Bersifat tidak
mengarahkan, dan klien dapat lebih bebas mengutarakan perasaannya dan kita
mendapatkan informasi yang lebih banyak dari klien.
-
Closed
Question
Bersifat mengarahkan, dan
biasanya merujuk pada jawaban tertentu dan jawabannya bersifat pendek seperti
“ya” atau “tidak”.
Namun dalam teknik bertanya, ada beberapa
hal yang tidak boleh dilakukan dan bersifat menyakiti klien, seperti:
·
Being Intrusive
Seperti memaksa klien
untuk bercerita atau berbicara, karena dapat mengganggu, menghilangkan respek
dan kepercayaan klien terhadap kita.
·
Interrogating The Client
Menanyakan hal-hal yang
tidak penting, di luar kebutuhan data, ataupun yang bersifat personal, karena
dapat membuat klein takut bercerita dan menutupi informasi yang justru penting.
·
Controlling Client Explores
Tidak mengontrol emosi
klien, biarkan saja klien mengungkapkan seluruh emosi dan perasaannya tanpa
bertanya terus menerus dan diulang.
·
Satisfying Interviewer’s Need
Tidak
bertanya hal yang tidak dibutuhkan, hanya untuk memuaskan rasa ingin tahu kita,
karena membuat klien merasa terganggu.
5.
Keterampilan
observasi
Keterampilan observasi, fokus
pada 3 area, yaitu:
v
Perilaku
Non-verbal
Seperti ekspresi wajah dan
bahasa tubuh klien. Dan yang paling penting, hindari stereotype hanya dari penampilan atau perilakunya.
v
Perilaku
Verbal
Fokus terhadap hal yang
diceritakan oleh klien, kemudian perhatikan kata-kata yang menjadi key words dari masalah klien.
v
Konflik,
diskrepansi, dan inkongruensi
Kita harus mewaspadai
terjadinya ketidak sesuaian antara tindakan verbal dan non-verbal klien pada
saat wawancara. Inkongruensi dapat memperlihatkan bahwa klien merasa tidak
nyaman ataupun berbohong pada saat wawancara.
6.
Active
listening
Active listening
terdiri dari:
o
Encouraging
Yaitu variasi secara
verbal ataupun non-verbal yang diberikan kepada klien agar mendukung klien
untuk cerita lebih banyak. Memberikan ekspresi yang tertarik dengan cerita yang
dipaparkan klien, lalu memberikan probing
agar klien menceritakan lebih banyak hal, kemudian beri kesempatan klien
untuk bercerita lebih banyak dan kita mendengarkan.
o
Paraphrase
and reflection of
feeling
Paraphrase yaitu focus pada
hal yang akan kita selesaikan nantinya, kemudian meberikan refleksi kalimat
klien namun tidak mengulang-ulang kalimat yang diucapkan oleh klien. Kemudian
jangan me-label klien dengan kata emosi seperti sad, scared, dll.
o
Summarizing
Menyimpulkan cerita yang
telah dipaparkan oleh klien, dapat digunakan untuk klarifikasi akan hal-hal
yang klien ceritakan.
So Guys, Inilah beberapa hal penting
yang harus kalian kuasai dalam wawancara, pelajari dengan baik ya! Thanks for
the attention J
Comments
Post a Comment